Rancangan gedung baja 1


rancangan baja


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Rangka Kuda-kuda
Direncanakan :
Panjang bentang kuda-kuda   = 8,4 m
Sudut kemiringan atap            = 31 o
Penutup atap                           = genteng metal  (5 kg/m2  - PPBBI 1983)
Jarak antar kuda-kuda             = 3,41 m
Mutu baja                                = Bj 34
Tegangan leleh (fy)                  = 240 Mpa = 2400 kg/cm2
Tegangan dasar izin ( )        = 1400 kg/m2
Modulus elastisitas baja          = 2,1 x 106 kg/cm233

1.2  Peraturan yang digunakan
Perhitungan muatan didasarkan pada Peraturan Perencaaan Bangunan Baja (PPBBI), SKBI 1987, dan Peraturan Pembebanan Indonesia (PPI – 1983).
1.3  Penempatan Beban
1.3.1        Beban Mati
  1. Berat sendiri konstruksi kuda-kuda
Muatan ini dianggap bekerja pada tiap-tiap titik buhul (bagian atas dan bawah)
  1. Berat akibat penutup atap dan gording
Dianggap bekerja pada titik buhul bagian atas
  1. Berat plafond + penggantung
Dianggap bekerja pada titik buhul bagian bawah
1.3.2        Beban hidup
  1. Beban terpusat berasal dari seorang pekerja dengan peralatannya sebesar minimum 100 kg.
2.        Beban air hujan sebesar (40 – 0,8α) kg/m
1.3.3 Beban angin
Angin tekan dan angin hisap yang terjadi dianggap bekerja tegak lurus bidang atap pada tiap titik buhul bagian atas, sehingga komponen angin hanya bekerja pada arah sumbu x saja dan kompponen angin dalam arah sumbu y = 0.
Untuk konstruksi gedung tertutup, dimana α < 65o, maka :
Koef angin tekan           : 0,02 α – 0,4
Koef angin hisap            : - 0,4
1.3.4 Ketentuan alat sambung
Alat sambung yang digunakan adalah baut, dimana penentuan dimensi baut disesuaikan dengan ukuran dan jenis profil baja dengan menggunakan rumus pada PPBBI 1983.
1.3.5 Perhitungan panjang batang
1.Tinggi kuda kuda
V2   =  4,20 x (tg  α )
       =  4,20 x (tg  31o)
       =  2,5 m
2. Batang bawah
 Panjang batang           = 8,4 m
B1 = B2 = B3 = B4 =

3. Batang atas
A1 =A4 = 
A2 =A3=

3. Batang vertikal
   V1 = V3 = B1 tg α = 2,1 tg 31 = 1,262 m
   V2 = h = 2,5

4. Batang diagonal
   D1 = D2 =

Tabel 1.1 Panjang Batang Kuda-kuda :

Nama Batang
Panjang Batang (m)
B1
B2
B3
B4
2,1
2,1
2,1
2,1
V1
V2
V3
1,262
2,5
1,262
D1
D2
2,450
2,450
A1
A2
A3
A4
2,450
2,450
2,450
2,450









BAB II
PERENCANAAN GORDING

Direncanakan :
Panjang bentang kuda-kuda   = 8,4 m
Sudut kemiringan atap            = 31 o
Jarak antar kuda-kuda             = 3,41 m
Jarak gording                          = 0,9 m
Atap  yang digunakan             = genteng metal  (5 kg/m2  - PPBBI 1983)
Mutu baja                                = Bj 34
Tegangan leleh (fy)                  = 240 Mpa = 2400 kg/cm2
Tegangan dasar izin ( )        = 1400 kg/m2
Modulus elastisitas baja (E)    = 2.1 x 106 kg/cm2

Profil baja rencana : LLC 125 x 50 x 20 x 4,0
Dari tabel baja, diperoleh data profil :
Ix = 217 cm4                            Iy = 33,1 cm4
Wx = 34,7 cm3                         Wy = 9,38 cm3
F  = 9,548 cm2                         q = 7,5 kg/m

Rumus yang digunakan :
·         Beban terpusat
Bidang momen      : M =  ¼ PL
Bidang geser         : D = ½ P
Lendutan               : f =
·         Beban terbagi rata
Bidang momen      : M =  1/8 qL2
Bidang geser         : D = ½ qL
Lendutan               : f =
2.1 Perhitungan Momen Akibat Beban
                                    2.1. 1 Beban Mati
Berat sendiri gording        = (profil LLC 125 x 50 x 20 x 4)            =    7,5  kg/m
Berat atap                          = genteng metal x jarak gording           
                                          =    5   x   0,9                                           =    4,5   kg/m
                                                                                                      q  =    12    kg/m
qx = q cos α = 12cos 31 =10,286 kg/m
qy= q sin α = 12 sin 31 = 6,180 kg/m
Mx = 1/8 qx L2 = 1/8 (10,286) (3,41)2 = 14,951 kgm
My = 1/8 qy L2 = 1/8 (6,180) (3,41)2 = 8,983 kgm
Dx = ½ qx L = ½ (10,286) (3,41) = 17,538 kg
Dy = ½ qy L = ½ (6,180) (3,41) = 10,537 kg
Lendutan yang timbul :
fx = =
fy = =

2.1.2 Beban Hidup
a. Beban Terpusat ( P = 100 kg)
Px = P cos α = 100 cos 31 = 85,7 kg
Py = P sin α = 100 sin 31 = 52 kg
Mx = ¼ Px L = ¼ (85,7) (3,41) = 73,059 kgm
My = ¼  PyL = ¼ (52) (3,41) = 44,33 kgm
Dx = ½ Px = ½ (85,7) = 42,9 kg
Dy = ½ Py = ½ (52) = 26 kg
Lendutan yang timbul :
fx = =
fy = =

b.      Beban terbagi rata
q = (40 – 0,8α) = (40 – 0,8 (31)) = 15 kg/m
Beban akibat air hujan yang diterima gording :
 q         = Beban air hujan x jarak gording
= 15 x 0,9 = 13,5 kg/m
qx = q cos α = 13,5 cos 31 = 11,572 kg/m
qy = q sin α = 13,5 sin 31 = 6,95 kg/m
Mx = 1/8 qx L2 = 1/8 (11,572) (3,41)2 = 16,820 kgm
My = 1/qy L2 = 1/8 (6,95) (3,41)2 = 10,102 kgm
Dx = ½ qx L = ½ (11,572) (3,41) = 19,730 kg
Dy = ½ qy L = ½ (6,95) (3.41) = 11,8 kg
Lendutan yang timbul :
 fx = =
fy = =
Momen akibat beban terpusat > momen akibat beban terbagi rata, maka tegangan yang timbul ditentukan oleh beban terpusat.

2.1.3 Beban angin
Tekanan angin rencana diambil 40 kg/m2  (PPI 1983 hal 22)
a.       Angin tekan
α < 65o, maka koefisien angin tekan :
C   = 0,02α – 0,4
      = 0,02 (31) – 0,4
      = 0,2
qx  = koef angin x tekanan angin x jarak gording
      = 0,2 x 40 x 0,9
      = 7 kg/m
qy   = 0
Mx = 1/8 qxL2 = 1/8 (7) (3,41)2 = 10,175 kgm
My = 0
Dx = ½ qx L = ½ (7) (3,41) = 11,94 kg
Dy = 0
Lendutan yang timbul
fx = =
fy = 0

b.      Angin hisap
Koef angin hisap = -0,4
qx   = koef angin x tek. angin x jarak gording
      = - 0,4 x 40 x 0,9
      = - 14 kg/m
qy   = 0
Mx = 1/8 qxL2 = 1/8 (14) (3,41)2 = 20,349 kgm
My = 0
Dx = ½ qx L = ½ (14) (3,41) = 23,9 kg
Dy = 0
Lendutan yang timbul
fx = =
fy = 0
Komentar : Beban angin hisap tidak di perhitungkan dalam kombinasi beban
Tabel 2.1 Momen dan bidang geser akibat variasi dan kombinasi beban
Momen
dan
Bidang Geser
Beban Mati
(Kg)
Beban Hidup
(Kg)
Beban Angin
tekan
Kombinasi Beban
Primer
Sekunder
(1)
(2)
(3)
(4)
(2) + (3)
(2)+(3)+(4)
Mx
My
Dx
Dy
14,951 8,983
17,538 10,537
73,059 44,33
42,9
26
10,175
0
11,94
0
88,01
53,313
60,437
36,537
98,185
53,313
     72,377
36,537

2.2 Kontrol Kekuatan Gording  
Direncanakan gording dari profil LLC 125 x 50 x 20 x 4
Ix = 217 cm4                            Iy = 33,1 cm4
ix = 4,77 cm                             iy = 1,81 cm
Wx = 34,7 cm3                         Wy = 9,38 cm3

2.2.1 Kontrol kekuatan gording terhadap tegangan
            σlt ytb =    ≤ = 1400 kg/cm2  (beban primer)
                                    ≥ 5/4= 5/4  x 1400 kg/cm2 = 1750 kg/cm2 (beban sekunder)

  1. Pembebanan primer
σlt ytb ==== 821,999 kg/cm2 <=1400 kg/cm2
                                                                                                                                ............    (aman)

  1. Pembebanan sekunder
σlt ytb ==== 851,32 kg/cm2 < 5/4=1750 kg/cm2
                                                                                          .............  (aman)


2.2.2 Kontrol kekuatan gording terhadap tegangan geser
            Tegangan geser yang diizinkan untuk pembebanan tetap, besarnya sama dengan 0,58 kali tegangan dasar (PPBBI 1983 hal 5)
                        = 0,58 = 0,58 x 1400 = 812 kg/cm2
                  τ­ytb ≤  = 812 kg/cm2 (beban primer)
                        5/4= 5/4 x 812 = 1015 kg/cm2 (beban sekunder)

Profil LLC 125 x 50 x 20 x 4
A   = 12,5 cm
B   = 5 cm
C   = 2 cm
t     = 0,4 cm
Cx       = 6,25 cm
Cy  = 1,68 cm


·         Tegangan Geser Maksimum
  1. Terhadap sumbu x – x

F1  = 0,4 x 6,25                  = 2,5 cm2
F2  = 0,4 x (5 – (2 x 0,4))  = 1,68 cm2
F3 = 0,4 x 2 = 0,8 cm2       = 0,8 cm2
y1 = ½ (6,25)                    = 3,125 cm2
y2  = 6,25 – ( ½ x 0,4)       = 6,05 cm2
y3  = 6,25 – ( ½ x 2)          = 5,25 cm2

Sx        = (F1 . y1) + (F2 . y2) + (F3 . y3)
            = (2,5 x 3,125) + (1,68 x 6,05) + (0,8 x 5,25)
            = 22,177 cm3
bx        = 0,4 cm

  1. Terhadap sumbu y – y

F1      = 0,4 (12,5)     = 5 cm2
F2      =  F3 = 0,4 (1,68 – 0,4) = 0,512 cm2
x1        = 1,68 – (0,4 / 2) = 1,48 cm
x2        = ½ (1,68 – 0,4) = 0,64 cm

Sy     = (F1 . x1) + (F2 . x2) + (F3 . x3)
         = (5 x 1,48) + (0,512 x 0,64) +
 (0,512 x 0,64)
                                                                        = 8,055 cm3
by     = 0,4 x 2 = 0,8 cm


  • Beban Primer
      τytb          = +      
                  = = 26,556 kg/cm2 < = 812 kg/cm2

  • Beban Sekunder
τytb           = +
               = = 29,606 kg/cm2 < 5/4= 1015kg/cm2






2.2.3        Kontrol kekuatan gording terhadap lendutan
Batas lendutan maksimum arah vertikal untuk gording batang tunggal menerus adalah :
            fmaks =  =  = 1,89 cm

·         Lendutan yang timbul terhadap sb. x – x
fx   = fx beban mati + fx beban hidup + fx beban angin
      = 0,040 + 0,155 + 0,027
      = 0,222 cm
·         Lendutan yang timbul terhadap sb. y – y
fy   = fy beban mati + fy beban hidup + fy beban angin
      = 0,157 + 0,618 + 0
      = 0,775 cm

            Total lendutan yang dialami gording :
            fytb       = = = 0,806 cm

fytb  = 0,806cm < fmaks = 1,89  cm .......................... (aman) 

  Gording dengan profil LLC 125 x 50 x 20 x 4 dapat digunakan.








BAB III
PERHITUNGAN PEMBEBANAN

3.1 Beban Mati
3.1.1 Berat Rangka Kuda-kuda
            Beban rangka kuda-kuda dihitung didasarkan rumus Ir. Loa Wan Kiong
                  q    = (L – 2) s/d (L + 5)
                        = (8,40 – 2) s/d (8,40 + 5)
                        = 6,4 kg/m2 s/d 13,4 kg/m2
            Diambil yang maksimum yaitu 13,4 kg/m2

  • Pelimpahan ke titik buhul :
= 47,979 kg
  • Bracing / ikatan angin
Diambil 25% dari berat sendiri kuda-kuda
P = 25 % x 47,979 = 11,995 kg

3.1.2 Berat Penutup Atap + Berat Gording
Penutup atap   = genteng metal  (5 kg/m2  - PPBBI 1983)
Gording           = 7,5 kg/m

            P1  = Berat penutup atap         =  5 x jarak kuda-kuda x jarak gording
                                                            =  5 x 3,41 x 0,9 = 15,4 kg
            P2  = Berat gording                 = 7,5 x jarak kuda-kuda =7,5 x 3,41= 25,58 kg
P = P1 + P2 = 15,4 +25,58 = 40,98 kg
P′ = ½ P1 + P2 = ½ (15,4) + 25,58 = 33,28 kg


·         Batang A – tritisan

   RAA'  = P' +  P
            =  33,28 + 40,98
            = 74,26 kg


·         Batang A – C

RAC = RCA          = ½ (P +P2)
=  ½ (40,98 +25,58)
= 33,28 kg
                                                       


·         Batang C – E
                                 ∑ME = 0
RCE     =
 =  75,269 kg
 ∑ME = 0
 REC     = (40,98 x 4) – 75,269
           = 88,651 kg        


Jadi, beban penutup atap + gording untuk tiap titik buhul :
  • Titik A = B  → P =  RAA′  + RAC            = 74,26 +33,28            = 107,54 kg
  • Titik C = G  → P = (RCA  + RCE)        = 33,28 +75,269          = 108,55 kg
  • Titik E         → P =  (REC  + RCE)        = 88,651 +75,269        = 163,92 kg

3.1.3 Berat Plafond + Penggantung
            Berat plafond dan penggantung = (11 + 7) = 18 kg/m2 (PPI – 1983)

Titik A = B                  = ½ B1 x 3,41 x 18
                                    = ½ (2,1) x 3,41 x 18
                                    = 64,449 kg
Titik D =  F = H          = ½ (B1 + B2) x 3,41 x 18
                                    = ½ (2,1+2,1) x 3,41 x 18
                                    = 128,898 kg

3.2 Beban Hidup
3.2.1 Beban Orang / Pekerja
            Beban terpusat berasal dari seorang pekerja dengan peralatannya adalah sebesar minimum 100 kg (PPI – 1983 hal 13).
3.2.2 Beban Air Hujan
            Beban terbagi rata per m2 bidang datar berasal dari beban air hujan adalah sebesar (40 – 0,8α) kg/m2 (PPI – 1983 hal 13).
                        q = 40 – 0,8 α = 40 – 0,8 (31) = 15 kg/m2
  • Titik A = B                  = (½ A1 + tritisan) x 3,41 x 15
= ( ½ (2,450) + 1) x 3,41 x 15
= 113,809 kg
  • Titik  C = E = G          = ½ (A1 + A2­) x 3,41 x 15
= ½ (2,450+2,450) x 3,41 x 15
                                                = 125,318  kg

3.3 Beban Angin
            Tekanan angin (w) = 40 kg/m2 , α = 31o

3.3.1 Angin Tekan
            Koef. Angin tekan      = 0,02 α – 0,4
                                                = 0,02 (31) – 0,4
                                                = 0,22
  • Titik A = B                  = (½ A1 + tritisan) x 3,41 x 0,22 x 40
= ( ½ (2,450) + 1) x 3,41 x 0,22 x 40
= 66,768 kg
  • Titik C = G                  = ½ (A1 + A2­) x 3,41 x 0,22 x 40 
= ½ (2,450+2,450) x 3,41 x 0,22 x 40
                                          = 73,520 kg
  • Titik  E                        = ½ (A2) x jarak kuda-kuda x tekanan angin
                                                = ½ (2,450) x 3,41 x 0,22 x 40 
                                                = 36,760 kg

3.3.2 Angin Hisap
           
Koef. Angin hisap       = - 0,4
  •  Titik A = B                 = (½ A1 + tritisan) x 3,41 x (- 0,4) x 40
= ( ½ (2,450) + 1) x 3,41 x (- 0,4) x 40
=  -121,396 kg

  • Titik C =  G                 = ½ (A1 + A2­) x 3,41 x  (- 0,4)  x 40 
= ½ (2,450+2,450) x 3,41 x (- 0,4)  x 40
                                                =  -133,672 kg

  • Titik  E                        = ½ (A2) x jarak kuda-kuda x tekanan angin
                                                = ½ (2,450) x 3,41 x (- 0,4)  x 40
                                                = -66,836 kg






Tabel 3.1 Pembebanan
Titik
Beban Mati (kg)
Beban Hidup (kg)
Jumlah
Buhul
(kg)

Berat
Berat atap
Plafond
Bracing
Hujan
Pekerja


Rangka
+ Reng
+ Penggantung
(Kg)

A
47,979
107,54
64,449
11,995
113,809
100
446
B
47,979
107,54
64,449
11,995
113,809
100
446
C
47,979
108,55

11,995
125,318
100
394
D
47,979

128,898
11,995

100
289
E
47,979
163,92

11,995
125,318
100
449
F
47,979

128,898
11,995

100
289
G
47,979
108,55

11,995
125,318
100
394
H
47,979

128,898
11,995

100
289

Tabel 3.2 Muatan Angin
Titik
Buhul
Muatan Angin (Kg)
Muatan Angin (Kg)
Tekan Kiri
Hisap Kanan
Tekan Kanan
Hisap Kiri
A
66,768
-
-
-121,396
B
-
-121,396
66,768
-
C
73,520
-
-
-133,672
G
-
-133,672
73,520
-
E
36,760
-66,836
36,760
-66,836














Tabel 3.2 Kombinasi Beban

Batang
Panjang
Beban
Beban Angin
Kombinasi Muatan
Gaya
Gaya
Batang
Tetap
(kg)
Maks
Desain
(m)
(kg)
T.Kiri
T. Kanan
Sekunder
Sekunder
(kg)
(kg)
H.Kanan
Hs Kiri
I
II
1
2
3
4
5
(3)+(4)
(3)+(5)


A1
2,45
-2043
52
101
-1991
-1942
-1991
-2143
A2
2,45
-1380
91
30
-1289
-1350
-1350
A3
2,45
-1380
-29
92
-1409
-1288
-1409
A4
2,45
-2043
-100
53
-2143
-1990
-2143









B1
2,1
1751
180
-282
1931
1469
1931
1931
B2
2,1
1751
180
-282
1931
1469
1931
B3
2,1
1751
-22
-77
1729
1674
1729
B4
2,1
1751
-22
-77
1729
1674
1729





0
0


V1
1,26
289
0
0
289
289
289
936
V2
2,5
972
-36
-37
936
935
936
V3
1,26
289
0
0
289
289
289









D1
2,45
-663
-84
152
-747
-511
-747
-747
D2
2,45
-663
152
-84
-511
-747
-747











BAB IV
PENDIMENSIAN BATANG

Rangka batang kuda-kuda direncanakan dari profil tersusun siku-siku                          sama kaki  (┘└ )
4.1 Ketentuan dan Rumus yang Digunakan
(Berdasarkan PPBBI – 1983 hal 20 – 22)

4.1.1 Batang Tarik
  • Perhitungan didasarkan pada daya dukung luas netto (Fn)
Fn  =
Fbr =
  • Kontrol tegangan
σytb =
4.1.2 Batang Tekan
  • Dipengaruhi  oleh tekuk
Panjang tekuk (Lk)
Dimana : Lk = L (sendi-sendi, K (koef, tekuk) = 1)
  • Kelangsingan : λ =
  • Syarat  : λmaks ≤ 140  untuk konstruksi utama (SKBI 1987)
  • Profil yang dipilih berdasarkan iη = imin  
  • Kelangsingan sumbu masif (λx < 140)
λx =
  • Kelangsingan sumbu ( λI < 50)
λ1 =
  •      Iy1   =  2 [Iy + F (e + )2 ]
  •       iy    =
  •    Kelangsingan sumbu tidak masif (λy < 140)
λy =
  •      λiy­   =
     Dimana : m = jumlah batang tunggal yang membentuk batang tersusun
  • Syarat untuk menjaga kestabilan elemen :
λx ≥ 1,2 λ1
            λx ≥ 1,2 λ1
  • Tegangan yang timbul :
σytb   =

4.1.3 Kekuatan Kopel
  • Digunakan pada batang tekan
  • Pelat kopel harus dihitung dengan menganggap bahwa seluruh panjang batang tersusun terdapat gaya lintang sebesar :
D = 0,02 P
  •  Gaya geser memanjang (torsi)
T =
dimana :          L1   = jarak kopel                    
a    = (e + ½δ)
  • Momen pada plat kopel
M = T . ½C
            dimana :          C = jarak antar baut pada profil
                                    C = (2w + δ)
  • Plat kopel harus cukup kaku, sehingga memenuhi persamaan :
>10      (PPBBI 1983 hal 21)
            dimana :          IP         = Momen inersia plat kopel
                           a       = jarak profil tersusun
                           Ll      = jarak tengah-tengah plat kopel pada arah batang tekan
                           Il = Iη = Momen inersia minimum 1 profil

4.2 Perhitungan Pendimensian
4.2.1 Batang A1 – A4
            Gaya design Pmaks = 2143 kg (tekan)
Lk = L = 2,450 m = 245 cm
                           iη = imin  = = = 1,75 cm
Berdasarkan iη  dipilih profil ┘└ 50 , 50 , 5
Dari tabel baja diperoleh data :
Ix          = Iy = 11,8 cm4            iη = 1,07 cm
F          = 4,80 cm2                         Iη = 4,59 cm4
Fn         = 3,06 cm2                         w = 3,54 cm
ix = iy   = 1,80 cm                    e = 1,45 cm

Direncanakan jarak punggung kedua profil δ = 0,6 cm
6  Kontrol
λx =  = = 136  < 140 ,,,,,,,,,,,,, aman
λ1 = = =  228    > 50             tidak aman, diperlukan plat kopel.

6  Jarak Plat Kopel
Panjang L1    = λmaks .min  = 50 x 1,07 = 53,5 cm
Banyak lapangan =
Sehingga L1 menjadi = = 49 cm
                λ1 menjadi =  <  50     ..............  aman
Iy1  =  2 [Iy + F (e + )2 ] = 2 [11,8 + 4,80 (1,45 + )2] = 101,675 cm4
iy    =  = = 3,2
λy =  =  
λiy­  =  = =  90  < 140 ....... (aman)

Syarat :
                  1,2 λ1 = 1,2 x 46 = 55
- λx ≥ 1,2 λ1 →  136  > 55.................(aman)
- λiy ≥ 1,2 λ1→    90  >  55.................(aman)

6  Tegangan yang timbul akibat plat kopel :
Karena λx > λiy, maka untuk menentukan faktor tekuk (ω) diambil λx = 136  
Dari tabel 2 PBBI 1984 hal 11, untuk mutu baja Fe 310 (Bj 34) :
λx  = 136
Diperoleh  ω = 2,975

6  Kontrol tegangan :
σytb   = = = 1041,736 kg/cm2 <  = 1400 kg/cm2 .... aman


6  Plat kopel
Direncanakan baut 5/8'' (1,6 cm) dimensi plat kopel    = 2 x 80 mm2
                           D = 0,02 P = 0,02 x 2143 = 42,86 kg s






                                                                                                    


M1 = D . Ll
 
M2 = T1 (2e + δ)
 
 







                                    M1        =  M2
                                    D . L1 =   T1 (2e + δ)
                                          T1   = = = 512,23 kg
                           T1 = T2 = 512,23 kg
Jarak antar baut :    C = 2w + δ   
                                    = 2 (3,54) + 0,6  
                                    = 8,28 cm

Momen :                 M  = Tl . ½C
                                    = 512,23 x ½ (8,28)     
                                    = 2120,632 kg,cm

Momen pada plat :

Σx2    = 0
Σy2    = 2 (2,5)2 = 12,5 cm2                                                         
Σx2 + Σy2   = 0 + 12,5 = 12,5 cm2

kx      = == 424,127 kg
ky      = == 0 kg
Gaya vertikal yang diterima baut :
Kv =  kg
Gaya horizontal yang diterima baut :
KH = Kx = 424,127 kg   
Gaya total yang diterima baut   
R = = = 495,458 kg

6  Kontrol plat kopel :
                            = 0,6  = 0,6 x 1400 kg/cm2 = 840 kg/cm2
                     σytb =
                     τytb  =   ≤
                     > 10

·         Kontrol tegangan :
W     = 1/6 bh2  = 1/6 x 0,2 x  (8,00)2           = 2,13 cm3
Wn    = 0,8 W   = 0,8 x 2,13                     = 1,70 cm3
σytb = = =  1247,43  <  = 1400 kg/cm2 ...................(aman)

Luas plat : F = t.h = 0,2 x 8,0 = 1,6 cm2

τytb  =   = =  481  <  = 840 kg/cm2...............(aman)

·         Momen kelembaban plat kopel (PPBBI 1983 hal 21)
           IP = 2 x 1/12 t.h3 = 2 x 1/12 (0,2) (8,0)3 = 17,07 cm4
                     > 10
              > 10
    >  10
              4,88  >  1,01........................... (aman)

6  Kontrol kekuatan baut
  1. Kontrol terhadap geser :                                
                                                             dimana : n = jumlah bidang geser
       Pgsr   = F x  x n                                     
               = ¼ π d2 x 0,6 x  x n
               = ¼ π (1,6)2 x 0,6 x 1400 x 1
               = 1688,1 kg  > R = 495,458 kg  

  1. Kontrol terhadap tumpuan
→ PPBBI 1983 hal 68
 
                     tu = 1,5  (untuk S1 ≥ 2d) 
                     tu = 1,2  (untuk 1,5d ≤ S1 ≤ 2d

Ptu           =  Ftu . σtu                                                       dimana : t = tebal plat   
                    =  t . d . 1,2                       
               = 0,2 x 1,6 x 1,2 x 1400
               = 537,6 kg > R = 495,458 kg           ,................, (aman)

4.2.2        Batang B1 – B4
Gaya design Pmaks = 1931 kg (tarik)
                           F    =  = = 1,379 cm2
                           Fbr     =  =  = 1,622 cm2
                           Dipilih profil ┘└  45 , 45 , 5
                           F (Penampang)         = 0,90 cm2
Kontrol tegangan :
σytb   = = = 1072,88 kg/cm2 <  = 1400 kg/cm2...............(aman)

4.2.3        Batang Vertikal
  1. Batang V1 dan V3
Gaya design Pmaks = 289 kg (tarik)
                           F    =  = = 0,207 cm2
                           Fbr     =  =  = 0,244cm2
                           Dipilih profil ┘└  35 , 35, 4
                           F       = 0,62 cm2
Kontrol tegangan :
σytb   = = = 233,065 kg/cm2= 1400 kg/cm2...............(aman)


  1. Batang V2
Gaya design Pmaks = 936 kg (tarik)
                           F    =  = = 0,669 cm2
                           Fbr     =  =  = 0,787 cm2
                           Dipilih profil ┘└ 35 , 35, 4
                           F       = 0,62 cm2
Kontrol tegangan :
σytb   = = = 754,839 kg/cm2= 1400 kg/cm2...............(aman)

4.2.4        Batang Diagonal
  1. Batang D1 dan D2
Gaya design  Pmaks = 747 kg (tekan)
Lk = L = 2,450 m = 245 cm
            iη = imin  = = = 1,75 cm
Dipilih profil ┘└ 35 , 35, 4
                           F       = 0,62 cm2
Kontrol tegangan :
σytb   = = = 602,419 kg/cm2= 1400 kg/cm2...............(aman)







Tabel 4.1 Daftar Profil yang digunakan pada Kuda-kuda

Batang
Profil
(mm)
Berat profil
(kg/m)
Panjang batang
(m)
faktor reduksi
Berat batang
(kg)
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(3) x (4) x (5)
B1
┘└  45 . 45 . 5
3,38
2,10
0,9
6,3882
B2
┘└  45 . 45 . 5
3,38
0,9
6,3882
B3
┘└  45 . 45 . 5
3,38
0,9
6,3882
B4
┘└  45 . 45 . 5
3,38
0,9
6,3882






V1
┘└  35 . 35 . 4
2,42
1,262
0,9
2,7486
V2
┘└  35 . 35 . 4
2,42
2,5
0,9
5,445
V3
┘└  35 . 35 . 4
2,42
1,262
0,9
2,7486






D1
┘└  35 . 35 . 4
2,42
2,450
0,9
5,3361
D2
┘└  35 . 35 . 4
2,42
0,9
5,3361






A1
┘└   50 . 50 . 5
4,80
2,450
0,9
10,584
A2
┘└   50 . 50 . 5
4,80
0,9
10,584
A3
┘└   50 . 50 . 5
4,80
0,9
10,584
A4
┘└   50 . 50 . 5
4,80
0,9
10,584
 JUMLAH  
89,5032

* (3) = tabel baja
   (5) = PPI - 1983 hal 10

 
Karena profil kuda-kuda baja berupa profil ganda, maka :
               Berat total                               = 2 x 89,5032 = 179  kg
               Kebutuhan total rangka baja  =berat total+25% berat total
                                                               = 179 + 44,75
                                                               = 223,75 kg ≈ 224 kg






BAB V
ZETTING

5.1 Tinjauan Zetting
Zetting (penurunan) yang terjadi pada konstruksi kuda-kuda akibat pembebanan dapat dihitung dengan rumus :
     
dimana :
fs    = Penurunan yang terjadi (cm)
S    = Gaya batang akibat beban luar (kg)
L    = Panjang masing-masing batang (cm)
U   = Gaya akibat beban 1 satuan
F    = Luas penampang profil (cm2)
E    = Modulus elastisitas baja (2,1 x 106 kg/cm2)

Penurunan maksimum yang diizinkan dihitung dengan rumus :

                             (PPBBI, 1983)

dimana :
L = panjang bentang kuda-kuda

Dalam perhitungan zetting, digunakan metode cremona untuk mendapatkan gaya batang akibat beban 1 satuan yang berada di tengah-tengah konstruksi,

 = 4,666 cm

Tabel. 6.1 Perhitungan Zetting                                                 
 E = Modulus elastisitas baja (2,1 x 106 kg/cm2)

Batang
S
L
F
U
E
fsytb
(kg)
(cm)
(cm2)
(1 satuan)
(kg/cm2)
(cm)
A1
-1991
245
9,6
-0.971
2100000
0.023
A2
-1350
245
9,6
-0.971
0.016
A3
-1409
245
9,6
-0.971
0.017
A4
-2143
245
9,6
-0.971
0.025

B1
1931
210
8,6
0.832
2100000
0.019
B2
1931
210
8,6
0.832
0.019
B3
1729
210
8,6
0.832
0.017
B4
1729
210
8,6
0.832
0.017

V1
289
126,2
5,34
0.000
2100000
0.000
V2
936
250
5,34
1.000
0.021
V3
289
126,2
5,34
0.000
0.000

D1
-747
245
5,34
0.000
2100000
0.000
D2
-747
245
5,34
0.000
0.000
Jumlah

0.348


Lendutan yang timbul akibat zetting
fs0.348 cm < fmax = 4,666  cm  .................(aman)





BAB VI
PERENCANAAN SAMBUNGAN

Alat sambung yang digunakan adalah baut, Berdasarkan ketentuan PPBBI 1983  hal 68, untuk alat sambung baut, berlaku :
·         Tegangan geser yang diizinkan :
                  =0,6
·         Tegangan tarik yang diizinkan :
                  = 0,7
·         Tegangan tumpu yang diizinkan :
                  = 1,5σ                            ( untuk S1 ≥ 2d )
                  = 1,2σ                            ( untuk 1,5d ≤ S1 ≤ 2d )
      dimana :
                  S1 =  Jarak dari sumbu baut yang paling luar ke tepi bagian yang disambung
Direncanakan ketebalan plat buhul : 0,8 cm
σbaut = 1400 kg/cm2
σplat = 1400 kg/cm2
Dipilih baut dengan diameter 5/8" (1,6 cm)
a.       Kekuatan baut terhadap geser
Pgsr    = Fgsr . τ
         = n (1/4 π d2) . 0,6
         = 1 x  1/4 π (1,6)2 x 0,6 x 1400
         = 1688,92 kg
b.      Kekuatan baut terhadap tumpuan
Ptu     = Ftu . σtu
            = t . d . 1,2σ
         = 0,8 x 1,6 x 1,2 x 1400
         = 2150,4 kg

Pgsr < Ptu, maka perhitungan jumlah baut didasarkan pada harga Pgsr dengan rumus :
                                    n =
dimana :
      n       = jumlah baut
      P       = Beban / gaya yang bekerja
      Pgsr     = Kekuatan baut terhadap geser

6.1 Perhitungan Titik Buhul
6.1.1 Titik buhul A = B


Batang A1                                                                   Batang B1

    Ptk     = 1991 kg  (tekan)                               Ptr        = 1931 kg (tarik)

      n   =                                                       n   =   

                  n   =                                                  n     =

       = 1,179  2 baut                                               = 1,143  2 baut




6.1.2 Titik Buhul D = H
·         Batang B1 dan B2
                PB1 = 1931 kg  
      n   = =1,14  2 baut
PB2 = 1931 kg
n   = =1,14  2 baut
       
·         Batang V1
Ptr     = 289 kg
     n  = = 0,172  2 baut

6.1.3 Titik Buhul C = G

·                     Batang A1 dan A2
      PA1 tk  = 1991 kg    (tekan)     
      PA2 tk = 1350 kg     (tekan)    
                                          n  =
                                              = 0,38  2 baut





·      Batang D1

Ptk                                                             = 747 kg
           n = = 0,44  2 baut
        

·         Batang V1

Ptr     = 289 kg
           n  = = 0,172  2 baut

     


6.1.4 Titik Buhul  E
·         Batang A2 dan A3

      PA2  tk = 1350 kg    (tekan) 
      PA3 tk = 1409 kg     (tekan)
       n   =
            = 0,034  2 baut


·         Batang V2
Ptr     = 936 kg   (tarik)
       n      =
               = 0,554  2 baut





6.1.5 Titik Buhul F
·    Batang B2 dan B3
PB2 tr = 1931 kg    (tarik)   
PB3 tr = 1729 kg    (tarik)
        n    =
        = 0,120  2 baut


·         Batang V2                                    
PV2 tr = 936 kg  (tarik)
  
    n         =
               = 0,554  2 baut

·         Batang D1 dan D2
PD1  tk = 747 kg      PD2 tk = 747  kg
    n    =
          = 0,00  2 baut





Tabel 5.1  Jumlah baut yang digunakan

Titik Buhul
Batang
Baut yang digunakan
A
A1
2 (2 Ф 5/8" )
B1
2 (2 Ф 5/8" )



B
A4
2 (2 Ф 5/8" )
B4
2 (2 Ф 5/8" )



C
A1 dan A2
4 (2 Ф 5/8" )
V1
2 (2 Ф 5/8" )
D1
2 (2 Ф 5/8" )



D
B1 dan B2
4 (2 Ф 5/8" )
V1
2 (2 Ф 5/8" )



E
A2 dan A3
4 (2 Ф 5/8" )
V2
2 (2 Ф 5/8" )



F
B2 dan B3
4 (2 Ф 5/8" )
D1 dan D2
4 (2 Ф 5/8" )
V2
2 (2 Ф 5/8" )



G
B3 dan B4
4 (2 Ф 5/8" )
V3
2 (2 Ф 5/8" )
D2
2 (2 Ф 5/8" )



H
B3 dan B4
4 (2 Ф 5/8" )
V3
2 (2 Ф 5/8" )












BAB VII
KUBIKASI BAJA
                   Tabel 8,1 Kubikasi Baja
                             
Batang
Profil
Luas
Panjang Batang
Kubikasi
(mm)
(m2)
(m)
(m3)
(1)
(2)
(3)
(4)
(3) x (4)
B1
┘└  45 . 45 . 5
0,000430
2,10
0,000903
B2
┘└  45 . 45 . 5
0,000430
0,000903
B3
┘└  45 . 45 . 5
0,000430
0,000903
B4
┘└  45 . 45 . 5
0,000430
0,000903





V1
┘└  35 . 35 . 4
0,000267
1,262
0,000337
V2
┘└  35 . 35 . 4
0,000267
2,5
0,000668
V3
┘└  35 . 35 . 4
0,000267
1,262
0,000337





D1
┘└  35 . 35 . 4
0,000267
2,450
0,000654
D2
┘└  35 . 35 . 4
0,000267
0,000654





A1
┘└   50 . 50 . 5
0,000480
2,450
0,001176
A2
┘└   50 . 50 . 5
0,000480
0,001176
A3
┘└   50 . 50 . 5
0,000480
0,001176
A4
┘└   50 . 50 . 5
0,000480
0,001176
Jumlah
0,010966









o  Volume Profil                                      = 0,010966 m2
 Volume profil untuk penyambungan dan pemotongan = 25 % x 0,010966 = 0,0027415 m3
o  Volume total baja                                = 0,010966  + 0,0027415
                                                            = 0,0137075 m3 s
o  Berat profil                  = total gording         = 69,42     kg
                                       = batang    B                        = 28,392   kg
                                       = batang    V            & D    = 10,5504 + 10,29 = 20,8404 kg
                                       = batang     A           = 36,946   kg
o  Berat total profil          =  69,42 + 28,392 + 20,8404 + 36,946  =  155,6 kg

7 komentar:

  1. mas ini blog boleh minta softnya gag buat referensi. soalnya bnyk yg tidak terlihat mas. kalo boleh ini email saya mas. makasih. Rifkiananda16@gmail.com

    BalasHapus
  2. mas mulyadi saya sangat perlu referensi rumus-rumus yang anda tutup. jika bisa tolong pencerahannya dikirim ke dhikavanaheim@gmail.com

    BalasHapus
  3. help to send andarelpredator@gmail.com

    BalasHapus
  4. Luas pada tabel kubikasi baja itu gimana carinya mas, tolong donk perlu banget

    BalasHapus
  5. kok gambar ga bs d buka y, klo boleh minta filenya, nizar2112z@gmail.com . trimakasih

    BalasHapus
  6. bang mulyadi klo bisa minta softnya bang buat bahan refernsi untuk tugas kuliah bang ,cannabis2ml2016@gmail.com .trimakasih

    BalasHapus
  7. kalo bisa bagi softnya bg buat laporan pw baja di kampus please banget zulhamssijoel@gmail.com

    BalasHapus